News

LOTTE CHOCOPIE WEBINAR II: Orang Tua Yang Berpikir Positif dan Kreatif

04 July 2019
LOTTE CHOCOPIE WEBINAR II: Orang Tua Yang Berpikir Positif dan Kreatif

 

Hai, Moms! Webinar kedua Lotte Choco Pie seputar parenting sudah usai dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2019 lalu. Apakah Moms menonton Webinar dengan tema “Orang Tua Yang Berpikir Positif dan Kreatif” bersama psikolog Ajeng Raviando kemarin? Jika belum, Moms tidak perlu cemas! Moms bisa baca tentang Positive Parenting selengkapnya di sini, kok!

 

Pada pola pengasuhan ini, orang tua diajak untuk menghargai sudut pandang si Kecil dan menekankan bagaimana cara menumbuhkan sikap positif sejak kecil yang dilakukan dengan cara yang menyenangkan, agar si Kecil bisa tumbuh lebih baik dengan dukungan dari Moms. Yuk, Pahami Positive Parenting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil dengan cara berikut ini:

 

  1. Beri Contoh

Si Kecil cenderung mencontoh apa yang dilakukan oleh sekitarnya, jadi Moms perlu mencontohkan dengan tingkah laku nyata. Semakin sering ia melihat contoh positif, maka sikap tersebut akan tertanam di benak si Kecil hingga menjadi kebiasaan baik.

 

  1. Kenali Karakter Si Kecil

Agar pola pengasuhan ini berjalan dengan baik, Moms juga harus mengetahui bagaimana karakter si Kecil. Hal ini akan berpengaruh terhadap cara yang Moms gunakan untuk menstimulasi kemampuannya serta mendorong potensinya.

 

  1. Luangkan Waktu Bersama

Menghabiskan waktu bersama si Kecil merupakan cara yang baik untuk mempererat bonding. Moms juga bisa membuat kegiatan rutin untuk melakukan aktivitas bersama keluarga dan si Kecil setiap minggunya.

 

  1. Beri Dukungan dan Penghargaan

Saat si Kecil berhasil melakukan sesuatu atau menerapkan sikap positif, jangan lupa untuk memberikan pujian. Dengan kalimat pujian, si Kecil bisa termotivasi untuk melakukan hal baik di lain waktu dan membuat ia bangga akan dirinya sendiri.

 

  1. Bersikap Tegas dan Memberitahu Konsekuensi

Dikarenakan rasa penasaran si Kecil yang begitu besar, terkadang ia suka melakukan hal yang sudah Moms beritahu konsekuensinya. Jika ia bersikeras melakukannya, biarkan saja namun tetap awasi dan jaga agar tetap dalam batas aman, ya.

 

  1. Tanamkan Nilai-nilai

Ajari si Kecil tentang sopan santun, tolong-menolong, berbagi, saling mengasihi, dan toleransi. Beri contoh mengucapkan terima kasih, menyapa dengan ramah, hingga berbagi cemilan favorit dengan orang lain.

 

  1. Lakukan Diskusi dan Negosiasi

Diskusi dan negosiasi juga penting! Dengan begitu, Moms bisa mengajarkan si Kecil untuk mengungkapkan pikirannya dan menerima pendapat orang lain walau berbeda darinya.

 

  1. Ciptakan Komunikasi Efektif

Komunikasi yang efektif bukan cuma sesuai dengan usianya, tapi juga harus terjadi secara dua arah. Dengarkan si Kecil dengan saksama dan minta ia untuk mendengarkan Moms juga, ya.  Atau diskusikan dulu dengan si Kecil siapa yang mendapatkan giliran bicara pertama dan seterusnya.

 

  1. Memberi Ruang untuk Tumbuh & Melakukan Kesalahan

Tak ada yang langsung berhasil dalam melakukan sesuatu. Justru melalui kesalahan, si Kecil jadi belajar lebih banyak. Jadi, jangan khawatir, ya, Moms!

 

  1. Memberikan Kasih Sayang Tanpa Syarat

Mencintai si Kecil merupakan karunia dalam hidup. Tidak peduli bagaimana kondisi si Kecil, selalu berikan kasih sayang sepenuhnya agar ia tumbuh jadi individu yang positif bagi lingkungannya!

 

Pada dasarnya, menghargai si Kecil, mendampingi dengan memberi stimulasi tepat, serta mendukung apa yang ia sukai bertujuan agar ia menjadi individu yang mandiri, kreatif, bertanggung jawab, serta memiliki kesejahteraan psikologis, fisik, sosial dan ekonomi yang baik.

 

Nah, mulai sekarang berikan si Kecil kepercayaan dan jangan mudah cemas atau melarangnya saat ia bereksplorasi. Biarkan ia mencoba dan berkembang sesuai minatnya dengan dukungan dari Moms!

 

Ingin tahu lebih banyak tentang parenting? Jangan lupa ikuti media sosial LOTTE Choco Pie dan nantikan parenting Webinar selanjutnya, ya!

Share: