News

LOTTE CHOCOPIE WEBINAR I: Ajari Anak Berbagi Sejak Dini

29 May 2019
LOTTE CHOCOPIE WEBINAR I: Ajari Anak Berbagi Sejak Dini

Dalam menyambut Ramadan yang penuh dengan kebaikan, LOTTE Chocopie menunjukkan dukungannya terhadap pentingnya setiap momen antara Mom dan si Kecil. Upaya apa saja yang perlu dilakukan Untuk menciptakan momen-momen premium bersama, seminar online bertema “Ajari Anak Berbagi Sejak Dini” telah diadakan pada 11 Mei 2019 lalu pukul 13.00 WIB di website LOTTE Chocopie. Pada kesempatan kali ini, LOTTE Chocopie menghadirkan Ajeng Raviando, S.Psi., M.si., seorang psikolog keluarga dan anak sebagai pembicara.

 

Dalam sesi ini, Mom diberikan penjelasan mengenai pentingnya berbagi untuk diajarkan kepada si Kecil. Sebenarnya, berbagi dalam hal ini bukan hanya membiarkan orang lain menggunakan atau memiliki barang, makanan, atau hal yang dimiliki Si Kecil kepada orang lain, namun dengan berbagi juga si Kecil bisa belajar tentang memberikan kebahagiaan kecil terhadap orang-orang di sekitarnya. Melalui kegiatan berbagi, kecerdasan moral, emosional, dan sosial Si Kecil juga terasah, sehingga menjadi kebiasaan baik untuk tumbuh kembang si Kecil di masa depannya.

 

Seperti yang dipaparkan oleh Ajeng Raviando, Ketika mengajarkan Si Kecil tentang berbagi, beri ia pemahaman dengan mengajaknya berbicara dengan santai. Jelaskan pula bahwa dengan berbagi dapat membawa kebahagiaan bagi orang lain. Selain itu, Si Kecil cenderung mengamati serta meniru apa yang dilakukan oleh Mom dan lingkungannya. Untuk itu, ajarkan Si Kecil cara berbagi dengan memberikan contoh secara langsung. Dengan begitu, Si Kecil juga akan terdorong untuk melakukan kebaikan. Setelah si Kecil dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain, beri ia pujian dengan perkataan, pelukan, atau kecupan. Mengapresiasi tindakan berbagi Si Kecil juga merupakan hal penting untuk memotivasinya dan memberi tahu bahwa yang ia lakukan luar biasa.

Melakukan kegiatan bersama Mom dan teman si Kecil lainnya bisa menjadi hal yang efektif untuk mengajarkannya tentang berbagi. Misalnya, Mom dan si Kecil bisa membuat istana pasir yang membutuhkan kerja sama sekaligus mengajarkan berbagi dengan orang lain dan mempererat pertemanan. Tak hanya itu, sesekali ajak si Kecil untuk menyortir mainan, baju, buku, atau benda-benda lain yang layak pakai untuk didonasikan kepada mereka yang membutuhkan. Libatkan ia dalam kegiatan ini dan biarkan ia membagikannya secara personal. Melalui pengalaman ini, si Kecil dapat melihat langsung dampak positif yang ia berikan terhadap orang lain.

 

Bagaimana memotivasi si Kecil untuk berbagi, manfaatkan cerita dari film atau buku dalam mengajarkan si Kecil tentang berbagi. Pilih cerita dengan karakter yang bertemakan berbagi dan memberikan kebahagiaan kepada sesama. Namun, perhatikan juga agar si Kecil tidak merasa “dipaksa” untuk berbagi dengan orang lain. Mom bisa melakukannya dengan berbagai cara kreatif atau melalui kegiatan menarik baginya. Dengan begitu, si Kecil bisa lebih memahami pentingnya berbagi dan bisa menjadikannya sebagai kebiasaan baik yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

 

Bagi Mom yang melewatkan seminar online kali ini, nantikan webinar berikutnya tanggal 22 Juni 2019. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri atau buat akun terlebih dahulu di website LOTTE Chocopie untuk menonton live stream-nya.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi media sosial LOTTE Chocopie;

Facebook: Lotte Choco Pie Indonesia

Instagram: @lottechocopie.id

dan dapatkan juga informasi tentang parenting, program, dan promo produk spesial.

 

 

Share: