“TERKADANG MAU, TERKADANG TIDAK”: STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SELAMA PJJ

Twitter
Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog
07 April 2021

Satu tahun sudah anak-anak di Indonesia mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berbagai perubahan dan kendala yang muncul selama PJJ, tidak dapat dipungkiri, pun telah mengurangi kualitas belajar dari banyak peserta didik. Hasil penelitian Save the Children1(2020), secara spesifik, menemukan bahwa 1 dari 4 anak seringkali merasa malas untuk mengikuti kegiatan PJJ. Satu persen (1%) anak didik juga mengatakan bahwa mereka “sama sekali tidak belajar apapun” sedangkan tujuh puluh tiga persen (73%) anak didik merasa bahwa mereka belajar lebih sedikit selama PJJ karena bosan, terlalu banyak tugas atau merasa kesulitan untuk memahami tugas secara mandiri.

Mengingat kalender akademik tahun ajaran 2020/2021 yang masih akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan, penting bagi orang tua dan guru untuk mengupayakan agar partisipasi maupun keberhasilan belajar anak didik tetap optimal – salah satunya dengan meningkatkan motivasi belajar mereka!

MOTIVASI dan KEBERHASILAN BELAJAR

Motivasi belajar adalah ‘penggerak’ yang membuat anak tertarik dan mendorong mereka mengambil tindakan untuk mencapai tujuan belajar (Ferismayanti, 20202; Novianti, 20113). Ketika anak memiliki motivasi belajar yang tinggi, dengan kata lain, semangat belajar mereka pun meningkat dan menjadi sangat antusias untuk belajar secara terus menerus (Ferismayanti, 2020; Schunk & Usher, 20124).

Ada dua jenis motivasi dalam pembelajaran – motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik (Deci & Ryan, 19855). Motivasi intrinsik adalah motivasi dari dalam diri anak – seperti minat, aspirasi dan rasa ingin tahu mengenai suatu hal, yang memberikan rasa puas pada anak saat mengikuti kegiatan belajar itu sendiri. Sebagai contoh, anak yang memiliki minat pada mata pelajaran Bahasa Inggris akan terlihat sangat senang dan menunjukkan partisipasi aktif selama guru membahas materi Bahasa Inggris.

Motivasi ekstrinsik, di sisi lain, merupakan motivasi yang berasal dari luar diri anak yang akan diperoleh – termasuk hadiah dari orang tua, pujian dari guru dan nilai A, ataupun dihindari – contohnya hukuman orang tua atau nilai di bawah KKM, setelah mengikuti kegiatan belajar. Misalnya, anak menunjukkan antusiasme lebih selama kegiatan PJJ ketika orang tua berjanji akan memberikan waktu bermain tambahan apabila anak memperoleh nilai tertentu.

Menurut ahli, sangatlah penting bagi orang tua untuk meningkatkan kedua jenis motivasi ini – baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik, agar anak-anak menunjukkan partisipasi serta mendapat hasil belajar yang optimal selama PJJ (Damour, 20206).

STRATEGI MEMOTIVASI ANAK SELAMA PJJ

  1. Cari Tahu Kendala Utama7
  2. Pengalaman dan kendala yang dialami setiap anak selama mengikuti PJJ berbeda-beda. Oleh sebab itu, orang tua perlu mencari informasi yang jelas dan mendetil mengenai kesulitan yang anak alami agar dukungan yang diberikan sesuai.

    Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan bertanya langsung ke si anak. Apabila anak belum mampu menggambarkan masalah yang dialami, ambil waktu untuk mendampingi anak mengikuti PJJ dan amati apakah anak antusiasme yang ditunjukkan anak berbeda di waktu yang berbeda (mis. lebih termotivasi dipagi hari daripada siang hari), di mata pelajaran yang berbeda (mis. lebih antusias di pelajaran matematika daripada IPA) atau di jenis tugas yang berbeda (mis. lebih antusias saat mengerjakan tugas kelompok daripada tugas individu). Selain itu, orang tua juga dapat berkomunikasi dengan guru untuk mengkonfirmasi informasi yang telah diperoleh di rumah dan mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh mengenai kesulitan yang anak hadapi.

    Setelah kendala utama diketahui, berikan dukungan yang sesuai dan tepat. Sebagai contoh, orang tua dapat memberi saran kepada anak untuk mengerjakan tugas yang lebih sulit di pagi hari ketika motivasi belajar yang dimiliki tinggi.

  3. Tunjukkan Partisipasi Aktif8
  4. Satu faktor yang mempengaruhi komitmen anak terhadap kegiatan belajar adalah partisipasi orang tua. Anak umumnya akan menunjukkan motivasi yang lebih tinggi saat mengikuti kegiatan belajar apabila orang tua hadir untuk memberi dukungan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan menunjukkan antusiasme terhadap kegiatan belajar.

    Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk menemani anak mengerjakan PR dan pastikan anak tahu bahwa Anda akan dengan senang hati membantu mereka mempelajari materi yang dianggap sulit atau membingungkan. Adakan juga percakapan santai mengenai kegiatan PJJ anak secara rutin – tanyakan mengenai hal-hal baru yang anak pelajari maupun topik percakapan menarik dengan guru maupun teman sekelas selama kegiatan PJJ berlangsung.

  5. Tingkatkan Keterlibatan Anak9
  6. Anak umumnya akan lebih termotivasi untuk belajar apabila ia merasa materi yang dipelajari bermanfaat serta relevan untuknya dan ia merasa didengarkan. Oleh sebab itu, ketika memberikan aktivitas atau memperkenalkan suatu topik, beritahu tujuan dari pembelajaran dengan jelas sejak awal. Berikan juga contoh yang relevan dengan kondisi sehari-hari untuk meningkatkan relevansi. Misalnya, ketika membahas mengenai konsep mata uang domestik, berikan penjelasan mengenai manfaat dari keterampilan dalam kehidupan sehari-hari, yakni agar kita tidak keliru saat bertransaksi di supermarket.

    Selain itu, libatkan anak saat merencanakan jadwal pengerjaan tugas. Adakan diskusi dengan anak, misalnya, saat menentukan rencana kerja/timeline untuk tugas prakarya kesenian yang harus dikumpulkan dalam waktu 2 minggu. Ketika anak memiliki lebih dari dua atau lebih pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, berikan kesempatan pada anak untuk memilih PR yang ingin dikerjakan terlebih dahulu dan hargai pilihannya.

  7. Hargai Usaha Anak10
  8. Semua orang, termasuk anak-anak, terkadang memerlukan insentif dari luar diri, seperti pujian, pelukan, waktu bermain tambahan atau dibuatkan masakan favorit, untuk mempertahankan motivasi belajar. Terutama di masa penuh tantangan seperti saat ini, orang tua perlu, dari waktu ke waktu, memberikan penghargaan atas usaha (baca: bukan hasil akhir ya) yang anak tunjukkan. Katakan “Walaupun Kakak awalnya tidak memahami maksud dari soal cerita ini, Mama kagum dengan usaha kakak untuk membacanya secara berulang-ulang sampai kakak memahami inti dari soal cerita ini... Hebat Kak!”, misalnya, saat anak menunjukkan kegigihan untuk menyelesaikan tugas yang sulit. Pengetahuan bahwa kerja keras dan kegigihan mereka untuk menyelesaikan tugas yang sulit, serta keberanian mereka untuk mencoba hal-hal baru dihargai kemudian akan membuat anak-anak merasa senang dan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar.

  9. Jaga Kondisi Diri11
  10. Baik motivasi yang anak tunjukkan maupun kualitas performa belajar anak sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi kita sebagai orang tua. Selain rasa frustasi, motivasi dan performa belajar anak yang tidak maksimal juga dapat meningkatkan rasa cemas, memicu stress, menyebabkan perubahan suasana hati (mood swing)dan bahkan membuat kita merasa lelah. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan kondisi diri dan merawat diri.

    Pertama, agendakan dan lakukan aktivitas self-care yang menyenangkan dan menenangkan secara rutin. Sebelum berinteraksi dengan anak, orang tua juga perlu mempersiapkan diri dan memastikan diri dalam keadaan tenang. Setelah mendapatkan laporan dari guru mengenai keterlambatan anak dalam pengumpulan tugas, misalnya, ambil waktu untuk redakan emosi dengan melakukan teknik pernapasan sederhana atau dengarkan lagu yang menenangkan, sebelum melakukan klarifikasi dengan anak.

    Terakhir, tetapkan ekspektasi yang fleksibel selama PJJ. Tunjukkan empati dan jangan remehkan kesulitan yang anak alami selama PJJ. Lalu, fokuskan kualitas pembelajaran selama PJJ terhadap usaha dan komitmen yang anak tunjukkan dari pada hasil akhir yang diperoleh.


  1. Save the Children (2020). Dampak tersembunyi dari Covid-19. Diunduh dari https://www.stc.or.id/sci-id/files/62/6296d50d-5227-4074-a1d4-1a2ad2e7941c.pdf
  2. Ferismayanti (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online akibat Pandemi COVID-19. Diunduh dari http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Siswa_pada_Pembelajaran_Online_Akibat_ Pandemi_COVID-19.pdf
  3. Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA Edisi Khusus, 1, 158-166.
  4. Schunk, D. H., 7 Usher, E. L. (2012). Social cognitive theory and motivation. In R. M. Ryan (Ed.), The Oxford handbook of human motivation (pp.13-27). Oxford, UK: Oxford University Press.
  5. Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. New York, NY: Plenum
  6. Damour, L. (2020, Oktober 29). How to do school when motivation has gone missing. Diunduh dari https://www.nytimes.com/2020/10/29/ well/family/teenagers-motivation-school.html
  7. Cohen, D. (2021). How to help your child get motivated in school. Diunduh dari https://childmind.org/article/how-to-help-your-child-get-motivated-in-school/
  8. Center on the Developing Child (2021). How to motivate children: Science-based approaches for parents, caregivers and teachers. Diunduh dari https://developingchild.harvard.edu/resources/how-to-motivate-children-science-based-approaches-for-parents-caregivers-and-teachers/; Cohen, D. (2021). How to help your child get motivated in school. Diunduh dari https://childmind.org/article/how-to-help-your-child-get-motivated-in-school/
  9. American Psychological Association (2020). Learning at home during Covid-19: 9 tips for motivating children to learn at home. Diunduh dari https://www.apa.org/topics/covid-19/parenting-caregiving/motivating-children-tips.pdf; Kelleher, I., & Hulleman, C. (2020, Agustus 21). The science of keeping kids engaged – even from home. Diunduh dari https://www.edutopia.org/article/science-keeping-kids-engaged-even-home
  10. Center on the Developing Child (2021). How to motivate children: Science-based approaches for parents, caregivers and teachers. Diunduh dari https://developingchild.harvard.edu/resources/how-to-motivate-children-science-based-approaches-for-parents-caregivers-and-teachers/; Cohen, D. (2021). How to help your child get motivated in school. Diunduh dari https://childmind.org/article/how-to-help-your-child-get-motivated-in-school/
  11. Cohen, D. (2021). How to help your child get motivated in school. Diunduh dari https://childmind.org/article/how-to-help-your-child-get-motivated-in-school/

Baca Juga Article Lainnya

“Kamu Bodoh Sekali!” Awasi Perkataan Kasar (abusive) Yang Tidak Disadari Oleh Orang Tua Dan Dampak Psikologis Pada Anak

Lia Sutisna Latif, M. Psi., Psikolog

24 Komentar

Ayu Wardhani

Cocok Banget Ini Aq Praktekan Untuk Anakq, Meskipun Dia Masih Tk B, Terkadang Ada Tugas Gambar, Mewarnai, Gunting Ataupun Zoom. Dia Sering Malas Karena Katanya Ini Tugas Sekolah Bukan Tugas Yang Dikerjakan Dirumah, Sering Juga Orang Tuanya Yang Mengerjakan Tugas Anak.

Yanti AJ

Sangat Bermanfaat Skali Artikel Nya Kita Para Ibu Jadi Terbantu Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Jenuh Kadang Bosen Dengan PJJ Dengan Adanya Saran Dan Masukan Dari Lotte Chocopie Kita Para Ibu Jadi Ada Ide Untuk Membuat Anak Semangat Lagi Dalam Belajar Semoga Artikel Kali Ini Bisa Kita Terapkan Untuk Anak2 Kita Dan Untuk Anak2 Yang Lain, Agar Slalu Mensupport Apa Yang Mereka Butuhkan Slama Belajar, Serta Memberi Semangat Serta Dukungan Agar Mereka Bisa Semangat Waloupun Harus PJJ, Trimakasi Skali Lagi Untuk Motivasi Serta Sarannya

Assyifa Siela Firdaus

Sangat Bermanfaat Sekali Artikelnya , Semoga Semakin Semangat Memotivasi Sikecil Untuk Belajar Terimakasih Banyak Lotte Choco Pie ❤️

Edbert Richmond

Artikel Yang Sangat Bermanfaat Terutama Di Masa PJJ Seperti Sekarang Ini Dan Orang Tua Merasa Kesulitan Menghadapi Anak Yang Belum Terbiasa Mengikuti PJJ.

Nur Ariyani

Terimakasih 🙏 Mom Grace, Artikel Nya Sangat Memberi Motivasi Ke Kita Emak2 ,yg Jujur Sebenernya Juga Bosen Dengan Keadaan Begini, Harus PJJ Selama 1 Tahun, Sangat Inspiratif Karna Bagaimanapun Harus Kita Orang Tua Yg Mengurus Anak2 Selama PJJ, Kita Yg Harus Extra Support Material Maupun Spiritual, Memberi Semangat Dan Dukungan Agar Anak2 Tetap Bisa Belajar .

Wiwik Mardiyanti

Terimakasih Artikelnya Sangat Bagus Sekali,banyak Sekali Hal Yang Bisa Kita Jadikan Motivasi Belajar Untuk Anak,sangat Bermanfaat

Sri Munarsih

Artikelnya Bagus Dan Sangat Bermanfaat Sekali,mengajarkan Memotivasi Mood Anak Dlm PJJ. Keetulan Anak Sy Baru TK Dan Akan Sy Terapkan Motivasi2 Tsb Ke Anak Saya, Seperti Bljr Sambil Mendengarkan Musik Kesukaan Anak Tp Tentunya Dgn Suara Pelan. Terima Kasih Atas Share Artikelnya Krn Sangat Inspiratif Sekali.

Titin Sofia

Terimakasih... Artikel Ini Sangat Menarik... Disini Saya Sebagai Orang Tua Bisa Belajar Bagaimana Cara Menyiasati Agar Anak Tidak Mudah Jenuh Dalam Belajar Jarak Jauh...

Kaindra AS

Artikelnya Sangat Bermanfaat , Trimakasih Lotte

Kaindra AS

❤️❤️❤️❤️

Adinda Xhima Harahap

Wah Banyak Sekali Cara Memotivasi Mood Anak Agar Mau Belajar. Saya Suka Dengan Gaya / Cara Ektrensik Yaitu Membolehkan Anak Belajar Sambil Mendengarkan Musik Lagu Kesayangan Nya. Pelan-pelan Tapi Ya Jangan Dengan Suara Keras. Dan Si Anak Pun Merasa Nyaman Dan Tambah Semangat.

ERNI YUNITA

Banyak Sekali Ilmu Yg Aku Dapatkan , Ternyata Pujian Dan Penghargaan, Self Care Menjaga Ketenangan Diri Sebelum Berinteraksi Dengan Anak Juga Wajib Diperhatikan. Disini Saya Semakin Mengerti Apa Yg Harus Saya Lakukan Mulai Esok Hari. Memperbaiki Diri Dan Mulai Mempraktekkan Cara Cara Yg Mba Grace Tulis. Trimakasih Banyak Artikelnya Mba Grace Saya Mulai Menyusun Rangkaian Step Menjaga Mood Anak Untuk Tetap Fokus Dan Menikmati Belajar Dirumah Dengan Maksimal.

Budi Riswan

Artikel Nya Bagus Sekali, Sangat Bermanfaat Dan Menginspirasi.

Yuniar Niar

Artikel Yang Sangat Bermanfaat. Jadi Tau Apa Yg Hrs Dilakukan Untuk Memotivasi Anak Belajar Terutama Dimasa Pandemi Ini. Terimakasih Mom Grace..

Aksara Langit

Alhamdulillah Jadi Dapat Ilmu Baru Bagaimana Cara Mengatasi Mood Swing Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Ini Adalah Artikel Yang Sangat Bermanfaat. Sukses Terus Dan Terimakasih Ya Mom Grace. Semoga Pandemi Ini Segera Berakhir. Aamiin

Adi Noviadi

Artikelnya Sangat Bermanfaat Sekali,beruntung Sekali Saya Bisa Mengetahuinya Lewat Website Lottechocopie Ini. Terima Kasih

Istia Budiarti

Trimakasih Artikel Nya Mba Grace, Artikel Ini Sangat Bermanfaat Sekali Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Selama PJJ. Semoga Pandemi Segera Berlalu , Karena Pada Dasarnya Anak2 Lebih Suka Bljr Di Sekolah Daripada Drumah. Karena Disekolah Dy Bisa Bertemu Teman2 Nya

Uning Ajalah

Artikel Nya Sangat Bermanfaat Sekali Kak Grace... Selaku Orang Tua Dapat Tambahan Informasi Seperti Ini Saya Merasa Senang.. TriMakasih

Tania Kirana

Artikelnya Sangat Bermanfaat Sekali, Banyak Ilmu Yang Didapat Terimakasih

Aluna Ghufron

Terimakasih Atas Artikel Yang Sangat Bermanfaat Seperti Ini. Semoga Kita Semua Para Orang Tua Selalu Sabar Dan Selalu Bersemangat Dalam Membimbing Buah Hati Kita Melalui Proses PJJ Ini.

Mesi Agustina

Sangat Bermanfaat Sekali Artikel Nya Mbak Grace,.saya Termasuk Orangtua Yang Merasa Khawatir Akan Kondisi Perkembangan Pendidikan Si Kecil,mengingat Si Kecil Anye Akan Memasuki SD Di Tahun Ini,.dengan Membaca Artikel Ini,saya Akan Menerapkan STRATEGI MOTIVASI ANAK SELAMA PJJ Pada Si Kecil Dirumah,agar Si Kecil Lebih Termotivasi Dan Semangat Belajar. Semoga Pandemi Segera Berakhir,dan Sekolah Kembali Bisa Tatap Muka Kembali. Terima Kasih Banyak Atas Artikelnya

Aticha Ramadhani

Sangat Senang Ada Artikel Ini Karena Sangat Bermanfaat Bagi Saya Untuk Menerapkan STRATEGI MOTIVASI ANAK SELAMA PJJ Anak Saya SD Kelas 4 Benar Kadang Rajin Kadang Tidak Mau Bikin Pusing Dengan Adanya Artikel Ini Semoga Menjadi Semgat Lagi Seterusnya .Amin

Niut Gendhiis

Sangat Bermanfaat Sekali Ilmunya,, Dimasa Pandemi Seperti Ini Kita Dituntut Tidak Hanya Sebagai Orang Tua Atau Pun Teman Tetapi Sekaligus Menjadi Guru Meski Otodidak, Ya Dengan Cara Dan Kemampuan Kita Sebisa Mungkin Mengajari Banyak Pelajaran Sekolah Yang Sesungguhnya Kita Tidak Berkompeten Di Bidangnya. Tapi Dengan Artikel Ini Kita Menjadi Optimis Anak Bisa Belajar Dengan Senang Tanpa Ada Rasa Bosan Dan Orang Tua Bisa Tenang. Trimakasih Sekali.

Ella Balweel

Waaah Mantap Sekali Mom Grace, Terima Kasih Ya Sangat Bermanfaat Sekali Karena Saya Memang Sedang Berada Dalam Siruasi Ini. Terkadang Stress Juga Menghampiri Saya Selaku Orangtua Yang Harus Selalu Mendampingi Anak Dalam Proses PJJ. Tips Dan Cara Motivasi Anak Ini Sangat Bermanfaat Untuk Saya.